Rabu, 01 Agustus 2012

34 M dana BOS Belum dipertanggungjawabkan


         


Bogor,ASPIRA 
Hasi audit Badan pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Kabupaten Bogor melalui Dinas Pendidikan untuk tahu 2011sebesar 34,423 miliar  tidak diyakini kewajarannya.
 Hal tersebut disebabkan Dinas pendidikan belum dapat memberikan dokumen,data  atau bukti pertanggung jawaban yang valid  maupun rekapitulasi sisa kas di bendahara BOS sekolah.
Besarnya dana BOS yang tidak di yakini kewajaran penggunaannya  tersebut terungkap setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan Audit terhadap dana BOS yang diterima Kabupaten Bogor tahun 2011 .
 Dalam salinan hasil pemeriksaan BPK disebutkan Bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor menerima dana BOS yang bersumber dari penyedian dana BOS sekolah negeri tahun anggaran 2011 yang berasal dari APBN dan APBD Proinsi Jawa Barat.
Dana BOS dari APBN di realisasikan pencairannya sebesar Rp.242.772 miliar untuk jenjang pendidikan SD/SDLBN dan SMP/SMPLBN.Kemudian Dana BOS dari APBD Propinsi Jawa Barat direalisasikan pencairannya sebesar RP.22,697 miliar untuk jenjang pendidikan SD/SDLBN dan SMP/SMPLBN.
Hasi audit BPK menemukan bahwa dari total Rp.265,469 miliar dana BOS ,baik dari APBN maupun APBD Propinsi  yang direalisasikan  sebesar Rp.263.341miliar. sedangkan anggaran sebesar Rp2.127 miliar tidak dipergunakan  karena adanya pengembalian dana BOS.
 Sedangkan menyangkut bpertanggung jawaban penggunaan dana BOS yang disampaikan hanya sebesar Rp.228,917 miliar. Sedangkan sisanya sebesar Rp.34.423 miliar Dinas pendidikan belum dapat memberikan dokumen ,data atau bukti  pertanggung jawaban yang valid maupun rekapitulasi sisa kas di bendahara sekolah.
Berdasarkan pemeriksaan  yang dilakukan AuditorBPK atas dokumentasi pertanggung jawaban  penggunaan dana yang telah disampaikan sekolah kepada timverifikasi  UPTK dan manajemen BOS, diketahuimasih terdapat selisih antara penyajian realisasi belanja dengan pertanggung jawaban dari sekolah penerima BOS sebesar RP.34.423 miliar. ( Abet/ Syamsul)       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Memberikan Komentar Anda mengenai berita yang kami Muat
Untuk lebih lengkapnya silakan mencari Media kami di loper koran terdekat anda