Selasa, 12 Juni 2012

Sunatan Massal Warnai HUT Kabupaten Ciamis Ke- 370

Sunatan massal dalam rangka hari jadi Kabupaten Ciamis ke-370 diikuti 81 anak dan berhasil di khitan 75 anak, selasa (5/6) dihalam pendopo Kabupaten Ciamis. (Dok Foto: Mamay)

Ciamis,Aspira
Rangkaian kegiatan Hari jadi Kabupaten Ciamis ke 370 tahun ini (12 Juni 1642-12 Juni 2012) diisi dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan dihalaman pendopo Kabupaten Ciamis. Acara-acara tersebut berupa perlombaan-perlombaan hiburan yang diikuti para pegawai di ruang lingkup Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) seperti permainan bola mini yang diikuti para ibu-ibu.
Selain acara hiburan, digelar juga aksi-aksi sosial yang melibatkan masyarakat dari kalangan tidak mampu seperti sunatan massal selain kegiatan-kegiatan lain yang disebar dibeberapa titik SKPD untuk berbagai ajang perlombaan.
Salah satu aksi sosial yang langsung menyentuh ke lapisan bawah masyarakat dengan melibatkan warga kurang mampu di hari jadi Kabupaten Ciamis ke 370 ini, berupa bakti sosial sunatan massal dengan melibatkan 59 orang perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).
Para perawat tersebut bertugas sebagai operator khitan dan pemeriksa pra khitan membantu tenaga dokter dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis yang terdiri dari, dr. Yoyo, dr. Hedwico, dr. Andi Bastian serta tim konsultasi dr bedah Kabupaten Ciamis, dr. Akhmad.
Dalam sunatan massal dalam rangka memperingati Hari jadi Kabupaten Ciamis ke 370 ini, diikuti oleh 76 anak dengan rata-rata usia sekitar 1 tahun sampai dengan 10 tahun. Menurut ketua pelaksana kegiatan hari jadi Kabupaten Ciamis, Drs. H. Herdiat S, M.M, yang merupakan ASDA II Pemkab Ciamis, dari target 125 anak yang akan di khitan  terdapat 106 anak. Dalam pelaksanaannya, anak yang datang 81 anak. Berhasil di khitan 75 anak,  5 anak lagi dinyatakan tidak bisa di khitan,  karena alasan faktor kesehatan setelah diperiksa tim medis.
“ Kami segenap roda pemerintahan Kabupaten Ciamis, sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa di hari jadi Kabupaten Ciamis ke 370 ini, mencoba berbagi dengan masyarakat kurang mampu dengan menggelar sunatan massal. Anak-anak yang di khitan diberi pakaian koko lengkap berserta kue penganten dan uang panyecep,” kata H. Herdiat.
Ketua PPNI Kabupaten Ciamis, Osep Hernandi, S.Sos., M.Kes ddidampingi sekretaris PPNI Kabupaten Ciamis, H. Maman Suryaman AMK, S.Km ditemui seusai pelaksanaan sunatan massal mengatakan, “ Alhamdullillah acara sunatan massal berjalan dengan sukses tidak ada halangan dan kendala apapun. PPNI dalam rangka bentuk kepedulian sosial, siap membantu pemerintah untuk berbagi dengan masyarakat kurang mampu dengan keahlian yang dimiliki para anggota PPNI,” pungkas Osep. (mamay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Memberikan Komentar Anda mengenai berita yang kami Muat
Untuk lebih lengkapnya silakan mencari Media kami di loper koran terdekat anda