Selasa, 12 Juni 2012

“ILMU EMBRIOLOGI DARI KACA MATA ISLAM”TENTANG KEMUKJIZATAN PENCIPTAAN MANUSIA”


“ILMU EMBRIOLOGI DARI KACA MATA ISLAM”TENTANG KEMUKJIZATAN PENCIPTAAN MANUSIA
 Oleh : Ben Bella

Ada beberapa alasan mengapa kajian tentang embriologi sangat penting bagi manusia. Sebagaimana Firman Allah Swt berikut ini:
“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,dan silih bergantinya malam dan siang, terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (QS. Ali Imran:190)
Kajian ini sangat bermanfaat bagi kita sebagai manusia untuk menambah kualitas iman kita karena keimanan akan terus bertambah dengan adanya Ilmu bermanfaat dan Amal saleh, sebaliknya keimanan akan berkurang disebabkan ketidaktahuan dan kemaksiatan.
Manusia diperintahkan oleh Agama untuk mempelajari embriologi.
Allah SWT berfirman sebagai berikut:
“Katakanlah,”berjalanlah di (muka) bumi lalu perhatikanlah bagaimana Allah SWT menciptakan (manusia) dari permulaan”  
Allah SWT berfirman,
“Manusia seharusnya memperhatikan dari apakah dia diciptakan..?
Dia diciptakan dari air yang terpancar,keluar dari antara tulang sulbi dan tulang dada”, (QS AL-Thariq (86):5-7).
Adapun pengetahuan tentang janin merupakan salah satu disiplin Ilmu yang sangat penting yang paling efektif untuk menambah keyakinan terhadap Manusia akan adanya hari kebangkitan dan hari penghitungan. Perhatikanlah kedua ayat tersebut diatas.
Allah Swt menggunakan terminologi awal penciptaan sebagai bukti bahwa DIA akan mengembalikan dan membangkitkan Ciptaan Nya. Oleh karena itu,Allah Swt berfirman sebagai berikut:
Apakah Manusia tidak memperhatikan bahwa kami menciptakannya dari setitik Air (mani) ? lalu,tiba-tiba ia menjadi penentang yang nyata! Dia membuat perumpamaan bagi kami, Dia lupa kepada kejadiannya, Ia berkata,”siapakah yang dapat menghidupkan tulang belulang yang telah hancur luluh? ”Katakanlah,”Ia akan dihidupkan oleh Tuhan yang menciptakanya kali pertama, Dia mengetahui tentang segala makluk,”(QS Yasin(36):77)
Zat yang berkuasa untuk memulai suatu penciptaan, pasti bisa mengembalikan ciptaan Nya seperti semula (ketika ciptaan itu rusak atau musnah). Bahkan,mengembalikan itu lebih mudah bagi-Nya. Segala sesuatu adalah mudah bagi Allah Swt.
Allah Swt berfirman sebagai berikut:
“Dialah yang menciptakan  (Manusia) dari permulaan, kemudian mengembalikan (menghidupkan) Nya kembali, dan menghidupkan kembali itu lebih mudah bagi-Nya,” (QS AL-Rum(30):27)
Mempelajari serta memahami Alquran dan Sunnah setiap Ilmu yang benar dan bermanfaat dapat dikorelasikan dengan mengkaji Alquran dan sunnah, sehingga akan menuai banyak ilmu pengetahuan juga dapat berperan aktif mengurai khazanah-khazanah serta kita dapat mempraktekkannya didalam kehidupan ini.
Saat ini di era ilmu eksakta, ilmu agama dan ilmu bahasa, kita akan mampu menjawab pertanyaan secara ilmiah, seputar kemukjizatan bahasa yang termaktub dalam Alquran /sunah mujikzat2 yang secara kasat mata dalam diri Manusia maupun Alam jagad raya ini.

Apabila kita mempelajari Alquran dan sunnah,sebagai ilmu yang bermanfaat bagi kehidupan kita, dapat menambah keimanan dan memantapkan akidah didalam hati Manusia. Pembahasan ini dapat sebagai pengantar agar kita sebagai Manusia mengetahui atas penciptaan Manusia. Yang diciptakan Oleh Tuhan Maha pencipta Allah Swt.
Pencipta Manusia, Allah Swt memberikan jalan supaya hidup terasa tidak menyiksa bagi manusia, sebab Dia Maha mengetahui manusia yang dibebani larangan dan kewajiban dalam mengarungi kehidupan di alam ini, lalu Allah Swt memberikan manusia keturunan,dijadikan Nya manusia dengan jenis pria dan wanita untuk hidup berpasang pasangan. Lalu dimasukan Nya perasaan cinta dengan kasih sayang dan dorongan syawat ke dalam hati Manusia. Yang kemudian akan berujung lahirnya keturunan manusia dan juga Allah Swt menjadikan otak untuk memberikan rangsangan pada alat kelamin untuk memasukan sperma kedalam rahim,sperma Pria pun berpindah dari tubuh  pria  kedalam bagian tubuh  rahim wanita,Dari Sperma itulah Allah Swt menciptaka Manusia baik Pria maupun Wanita. Melalui proses tahapan tertentu dari sperma menjadi segumpal darah,lalu menjadi segumpal daging, kemudian tulang belulang, dan dibungkus dengan daging  lalu di ikat dengan saraf dan urat. Allah Swt juga melengkapi Anggota tubuh manusia untuk keperluan hidup kelak di alam ini. Seperti : kepala yang dilengkapi dengan pendegaran, penglihatan, hidung ,mulut dan anggota tubuh lainnya sampai sempurnalah sebagaimana manusia. Terkait hal ini, Allah Swt berfirman sebagai berikut : “ Sesungguhnya Kami telah Menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah, kemudian kami jadikan saripati itu air sperma (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim) kemudian air sperma itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging dan segumpal daging itu kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging, kemudian kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain, Maha suci Allah pencipta yang paling baik”, (QS AL-Mukminun(23)12-14). ( dikutip dari, Ensiklopedia, Mukjizat Alquran dan Hadist jilid 2 )

 Penulis Adalah Wartawan Aspirasi Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Memberikan Komentar Anda mengenai berita yang kami Muat
Untuk lebih lengkapnya silakan mencari Media kami di loper koran terdekat anda