Sabtu, 10 November 2012

Pelanggan Diminta Lebih Kritis Bila Menerima Petugas TusBung PLN



Bogor, ASPIRA

Terkait adanya pemberitaan mengenai adanya petugas Perusahan Listrik Negara (PLN) Unit Pelayanan Jaringan (UPJ) Bogor Kota yang berlaku kasar kepada konsumen yang menimpa warga Kampung Dekeng Kelurahan Cipaku, Kecamatan Bogor Selatan beberapa waktu lalu, Humas PLN Distribusi Jawa Barat-Baten, Kusmawan meminta masyarakat untuk berhati-hati dan lebih kritis terhadap petugas bila berhadapan dengan orang yang mengaku petugas dari PLN. Masyarakat diminta untuk mengecek identitas petugas tersebut, baik nama, surat tugas dal lain-lain, hal ini untuk menghidari adanya oknum yang memanfaatkan situasi seperti ini dengan mengaku petugas dari PLN tetapi oknum. Demikian dikatakannya saat di temui di kantornya jum,at (2/11) lalu.

Kusmawan mengakui, memang ada beberapa kasus yang menimpa masyarakat dengan melakukan pemerasan terhadap pelanggan PLN dengan mengaku petugas Putus Sambung (Tusbung), padahal itu semua adalah oknum yang sengaja menggunakan nama PLN untuk melakukan aksi kejahatan. “Memang tidak dapat dipungkiri dengan adanya beberapa oknum yang memanfaatkan keadaan seperti itu, bila memang petugas tersebut adalah petugas PLN akan berikan tindakan tegas bahkan sampai pemecatan dan bila petugas tersebut karyawan Outsorsing perusahaan yang bekerja sama dengan PLN maka kami akan me-blacklist  perusahaan tersebut atas tindakan karyawannya karena sudah melakukan tindakan yang merugikan konsumen,” akunya

Dia juga mengatakan, “contoh kasus yang menimpa di beberapa daerah dengan karyawan outsorsing yang karyawannya melakukan tindakan melanggar hukun dan merugikan konsumen perusahaan tersebut langsung di blacklist tidak bisa bekerja sama dengan pihak kami (PLN) selama 3 tahun. Hal ini kami lakukan demi menjaga nama baik PLN dan peningkatan kinerja pelayanan terhadap masyarakat, pasalnya, pihak kami tidak membenarkan sama sekali adanya pelakuan kasar dari petugas lapangan terhadap pelanggan karena prilaku itu tidak menyelesaikan masalah dan malah menimbulkan masalah baru, bila perlu petugas kami dilapangan saat mengujungi pelanggan bermasalah dengan santun bahkan kami ajarkan jangan sampai tetangga pelanggan tersebut mengetahui adanya penagihan dari pihak petugas demi menjaga kerahasiaan dan nama baik pelanggan tersebut”, katanya. Lebih parah lagi, lanjutnya, “perlakuan semacam ini dilakukan oleh karyawan PLN sendiri, kami tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas. Jika permasalahan itu sampai pada tingkat penipuan, maka kami akan menyelesaikan melalui jalur hukum sesuai peraturan dan undang-undang yang berlaku terhadap karyawan tersebut. Namun dengan masalah seperti ini, saya berterima kasih telah mendapat kritikan dari masyarakat tentang kinerja kami dan kami akan terus melakukan yang terbaik demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, mengenai permaslahan diatas terus kami lakukan penyelidikan apakah benar petugas PLN atau oknum, semoga dalam waktu dekat kami dapa mengetahuinya”, harapnya (Sumburi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Anda Memberikan Komentar Anda mengenai berita yang kami Muat
Untuk lebih lengkapnya silakan mencari Media kami di loper koran terdekat anda